26.8.10

Organ Tumbuhan

Batang
         Jaringan batang berkayu terbagi dalam 3 zona: empulur, kayu dan pepagan. Diantara kayu dan pepagan terdapat kambium. Jaringan yang membentuk batang adalah jaringan xylem, jaringan phloem dan jaringan kayu. Xylem, phloem dan kambium disebut sebagai berkas pembuluh.

Daun
        Epidermis merupakan bagian terluar dari daun. Dalam epidermis terdapat stomata yang merupakan sel penjaga dan mengandung kloroplas. Mesofil merupakan jaringan parenkim kecuali berkas pembuluhnya. Terbagi dalam dua bagian bagian atas menyusun parenkim palisade dan bagian bawah menyusun parenkim bunga karang. Semua sel mesofil mengandung kloroplas. Berkas pembuluh adalah untaian jaringan khusus yang berfungsi sebagai penunjang dan saluran. Berkas pembuluh yang besar terlihat sebagai tulang daun.

Akar
        Akar berfungsi menambatkan tumbuhan ke tanah, menyerap air, menyalurkan air dan sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan. Secara melintang terdiri dari epidermis, korteks dan silinder pusat/silinder pembuluh. Silinder pusat tersusun diantaranya dari xylem dan phloem. Korteks tersusun dari lapisan sel parenkim mengandung ruang interselular yang berguna bagi akar muda. Epidermis merupakan bagian terluar. Dapat memanjang membentuk rambut akar.

No comments:

Post a Comment