19.8.10

Halaman Awal Karya Tulis Ilmiah

           Karya tulis ilmiah yang baik umumnya memuat tiga bagian penting, yaitu bagian depan, bagian isi, dan bagian penutup/bagian akhir.

         Halaman awal adalah kumpulan halaman yang merupakan penjelasan awal dari suatu karya tulis ilmiah. Bagian-bagian dari halaman awal, yaitu: halaman kulit luar (sampul depan), halaman judul (sampul dalam), bila diperlukan juga terdapat halaman persetujuan, halaman motto dan persembahan, halaman riwayat hidup, dan sebagian dari bagian yang terakhir adalah halaman kata pengantar.

A.Halaman Kulit Luar (Sampul Depan)
         Pada halaman kulit luar, hal-hal pokok yang dimuat antara lain: judul karya tulis ilmiah, nama penulis, penjelasan maksud penulisan, dan bagian paling bawah adalah nama lembaga. Informasi yang dimuat pada halaman judul dapat memberikan pengetahuan pada pembaca mengenai topik yang dibahas pada karya tulis ilmiah tersebut. Di samping itu pembaca juga dapat mengetahui penulis karya tulis ilmiah, untuk apa karya tulis itu dibuat dan oleh lembaga apa karya tulis tersebut dipublikasikan.

B.Halaman Judul (Sampul Dalam)
         Isi tulisan halaman judul pada dasarnya sama persis dengan halaman kulit luar. Yang membedakannya hanyalah bahwa halaman judul pada sampul dalam merupakan halaman yang diperhitungkan dalam jumlah halaman keseluruhan, yang dilambangkan dengan angka romawi kecil (“i”).

C.Halaman Persetujuan
         Karya tulis ilmiah yang dibuat sebagai syarat kelulusan dari suatu jenjang pendidikan, memerlukan persetujuan dari instruktur/guru/dosen yang membimbingnya atau dari panitia yang mengujinya. Untuk keperluan inilah halaman persetujuan biasanya dibuat.

D.Halaman Motto dan Persembahan
         Halaman motto atau halaman persembahan umumnya digunakan oleh penulis sebagai pemberi motivasi dalam menyelesaikan karya tulisnya. Bagi sebagian orang, halaman ini tidak perlu dicantumkan, dan memang biasanya bukan merupakan salah satu syarat penulisan.Baca juga motto dan persembahan dalam sebuah karya tulis

E.Halaman Riwayat Hidup
         Halaman riwayat hidup berisi nama lengkap penulis, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, riwayat pendidikan formal, riwayat pekerjaan serta biasanya bila ada juga berisi daftar karya tulis ilmiah yang pernah dibuat. Dengan membaca halaman ini, pembaca setidaknya akan lebih mengenal “siapa” penulis karya tulis yang dibacanya.

F.Halaman Kata Pengantar
         Kata pengantar memberikan gambaran yang berkaitan dengan karya tulis ilmiah dan perlu dicantumkan, tetapi bagian tersebut tidak mungkin dimasukkan ke bagian isi (teks). Kata pengantar dapat menyiapkan pembaca untuk memahami isi karya tulis tersebut.

1 comment: